Siapkan 20 Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru

oleh -18 views
PERSIAPAN: Rapat koordinasi dalam persiapan pengamanan Nataru di Mapolres Majalengka, Jumat (18/12). Foto: Anwar Baehaqi/Radar Majalengka

MAJALENGKA Polres Maja­lengka menyiapkan 20 pos pe­ngamanan (pospam) dalam pe­rayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengamanan ini melibatkan semua unsur di an­taranya TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Jasa Mar­ga, Dinas Kesehatan, Dam­kar dan sejumlah intansi lain.

“20 pos pengamanan terdiri dari 2 pos pelayanan, 4 pos pe­ngamanan di Bandara Ker­tajati, 2 pos gatur dan 12 pos pam Gereja,” ungkap Kapolres AKBP Bismo Teguh Prakoso da­lam rapat koordinasi persia­pan pengamanan Nataru di Ma­polres Majalengka, Jumat (18/12).


Bismo menjelaskan pihaknya akan menerjunkan ratusan per­sonel gabungan untuk me­ngamankan nataru. Ren­cananya ada sekitar 700 per­sonel gabungan yang terdiri dari, kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dishub serta BPBD yang disebar di beberapa titik.

“Ratusan personel ga­bu­­ngan tersebut, akan ditem­pat­kan di beberapa titik. Di antaranya, simpang empat Kadipaten, Jatiwangi Square, Kota Majalengka, Bandara Kertajati, Rest area Tol Cipali KM 164 dan KM 166, Pos Gatur Ker­tajati dan Sumberjaya serta 12 tempat ibadah,” katanya.

Baca Juga: https://kotaangin.radarcirebon.com/alun-alun-majalengka-sudah-80-persen/

Selain pengamanan na­taru, ia menambahkan penang­gulangan bencana pun terut men­jadi perhatian. Ada se­jum­lah titik yang rawan ben­cana di Kabupaten Majalengka.

“Oleh sebab itu, dalam ope­rasi kali ini, kita juga siapkan beberapa personel yang siap membantu untuk me­nang­gulangi bencana alam, apabila bencana alam tersebut terjadi,” jelasnya.

Bahkam menurut Kapolres terdapat sejumlah hal yang harus diantisipasi dalam pe­ngamanan Natal dan Tahun Ba­ru. Seperti menyiapkan lang­kah antisipasi untuk po­tensi kerawanan, termasuk lon­jakan arus kendaraan di ja­­lur tol maupun non tol di wi­la­yah hukum Polres Majalengka.

“Seluruh pihak yang masuk dalam operasi tersebut akan berkumpul dan mendapatkan penugasan masing-masing,” katanya.

Dirinya juga meminta ma­syarakat untuk tidak me­la­kukan perayaan Tahun Baru 2021 karena bisa mencip­takan kerumunan orang.
“Kami mengingatkan agar masyarakat tidak menggelar perayaan tahun baru sesuai ins­truksi Pemkab Majalengka. Mengingat momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ma­sih dalam masa pandemi Co­vid-19,” Jelasnya.

Sementara itu, pihak Ko­dim 0617 siap membantu dan mendampingi Polres Majalengka untuk menjaga Kam­tibmas, dalam pelaksanan Operasi Lilin Lodaya 2020. “Semoga dengan kerja sama dan berkoordinasi ini, maka situasi Kamtibmas kondusif di Majalengka tetap terjaga,” ungkap Dandim 0617/Ma­jalengka, Letkol Inf Andik Siswanto.

Menurutnya, Operasi Lilin Lo­daya biasa dilaksanakan satiap tahun menjelang Na­taru. Kali ini operasi tersebut berbeda dengan tahun sebe­lumnya, mengingat perayaan Nataru di tengah pandemi. Ada larangan serta pembatasan ke­giatan untuk mencegah pe­nye­baran Covid-19. “Oleh karena itu, kita siap mem­bantu Kepolisian dalam pengamanan Nataru atau Operasi Lilin Lodaya tahun ini,” katanya.

Ia juga mengimbau kepa­da masyarakat untuk tidak ber­kerumunan dalam pelaksa­na­an Natal dan Tahun Baru 2021. Apalagi sampai tidak me­nerapkan protokol kesehatan. Bila perlu buat kegiatan di rumah saja bersama keluarga.

“Mari kita bersama-sama untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci ta­ngan dengan sabun (3M) serta tidak berkerumun. Hal ini agar kita bersama-sama dapat memutus mata ran­tai pe­nyebaran Covid-19,” im­bau Komandan Kodim 0617 Majalengka. (bae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *