Rapid Test Syarat Santri Kembali ke Pondok

oleh -21 views
SYARAT: Santri mengikuti rangkaian rapid test di Labkesda Majalengka, kemarin. Rapid test menjadi salah satu syarat untuk bisa kembali ke pondok. Foto: Almuaras/Radar Majalengka

MAJALENGKA- Sejumlah santri dari berbagai pesantren menjalani pemeriksaan rapid test sebelum kembali ke pesantren pasca liburan akhir tahun ini. Pantauan Radar, kemarin (29/12) sejumlah santri diantar oleh orang tuanya menjalani rapid test di halaman Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Majalengka.

Baca Juga: https://kotaangin.radarcirebon.com/nekat-beroperasi-polisi-bubarkan-kerumunan-massa-di-tempat-wisata/

Warga asal Desa Sukaraja Wetan Kecamatan Jatiwangi, Zaenal mengantar anaknya untuk menjalani rapid test sebagai persyaratan untuk kembali masuk ke Pondok Pesantren Nurul Fajri, Desa Weragati, Kecamatan Palasah. “Sebagai syarat untuk bisa masuk ke Pontren harus ada hasil menyerahkan hasil rapid test dengan non reaktif. Kalau hasil rapid test reaktif, maka santri tidak bisa masuk,” ujar Zaenal.

Hal senada diungkapkan Agung Wisnuwardhana, warga Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka. Agung mengantar anaknya yang mondok di pesantren di Sumedang. “Kami harus mengikuti aturan menyerahkan hasil rapid test dengan hasil non reaktif agar anak bisa belajar kembali di Ponntren,” ujarnya.

Sementara, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Labkesda Kabupaten Majalengka, Hj Tuti Hastuti SKM menyebutkan Labkesda melayani pemeriksaan rapid test untuk masyarakat umum. Hanya menunggu selama 15 menit, hasilnya bisa diketahui.

“Untuk pelayanan rapid test dilaksanakan di halaman kantor Labkesda. Sedangkan pelayanan tes darah atau kesehatan lainnya buka seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Diungkapkan Hj Tuti, Labkesda yang berada di jalan KH Abdul Halim Majalengka Kelurahan Tonjong tidak kalah dengan lab swasta. Tarifnya juga lebih terjangkau karena masih berdasarkan Perda nomor 7 tahun 2009.

“Tarif Labkesda sesuai perda dan sudah 11 tahun belum diubah sehingga tarif Labkesda Majalengka sangat murah dengan hasil yang akurat,” bebernya. (ara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *