Kesadaran Prokes Warga Rendah

oleh -16 views
DR H Karna Sobahi MMPd, Bupati Majalengka

Tes Swab Masal Sasar Kelompok Rentan

MAJALENGKA – Ketua Umum Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kabupaten Majalengka H Karna Sobahi MMPd mengatakan pihaknya terus melakukan kajian terkait Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) yang sudah kedua kalinya. Ia belum bisa memastikan apakah PSBM diperpanjang atau tidak.

Baca Juga: https://kotaangin.radarcirebon.com/realisasi-pajak-majalengka-meleset-rp20-m/

“PSBM tahap kedua ini batas evaluasi sampai Jumat 8 Januari 2021 mendatang. Kita akan terus melakukan evaluasi meski hingga saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif masih ada,” jelasnya.

Terkait kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, kata bupati Majalengka ini, hal tersebut karena terus melakukan swab terhadap kelompok rentan yang berpotensi mengakibatkan kluster. Semakin banyak tes yang dilakukan, kata dia, semakin banyak pula kasus yang ditemukan. Selain itu, kenaikan kasus juga dipengaruhi banyaknya swab di level kontak erat dengan orang terkonfirmasi atau suspect.

Sementara itu, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka H Eman Suherman MM menilai masih adanya kasus kenaikan terkonfirmasi di masa PSBM tahap kedua ini karena kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan masih kurang.

“Ya kalau mau jujur, menumbuhkan kesadaran masyarakat itu kan perlu waktu dan tidak bisa instan. Sehingga harus terus menerus di ingatkan agar mereka tahu dan mau untuk bersama-sama melakukan langkah agar terhindar dari paparan Covid-19,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan penyebab orang terpapar itu akibat abai terhadap protokol kesehatan (Prokes). Sehingga jika tidak disiplin dan abai maka kenaikan terkonfirmasi positif akan melonjak.

Satgas Kabupaten Majalengka sampai satgas desa, lanut dia selama ini bekerjasama dengan TNI/Polri untuk semaksimal mungkin melakukan sosialisasi, edukasi dan mendisiplinkan masyarakat agar taat dan patuh dalam menjalankan Prokes tersebut.

“Selalu terapkan protokol kesehatan agar pandemi ini segera berakhir,” ujarnya. (ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *